BERITA KIRIMAN :Gedung Poskesdes Eyat Mayang Semakin Retak, Belum Ada Solusi Dari Instansi Setempat

Foto : Depan Gedung Poskesdes Eyat Mayang (16/1/2024)

Eyat Mayang – Lombok Barat : Puskesmas Eyat Mayang Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat memiliki satu unit gedung POSKESDES yang berlokasi di Simpang Tiga Antara Dusun Eyat Mayang, Dusun Eyat Mayang Utara dan Dusun Hubbal Khair. Usianya Sampai Berita ini diturunkan sudah 3 tahun. Namun gedung POSKESDES kondisi retak dll, baru Setahun dibangun sudah dalam kondisi rusak, Dibangun dengan biaya dari DAK Afirmasi bersumber dari Pajak Rokok tahun 2019, (Selasa, 16/1/2024.)

Namun kondisinya tampak memprihatinkan. Pantauan media ini, 16 Januari 2023, ada banyak bagian di dalam dan luar gedung mulai rusak. Diduga konstruksi bangunan dikerjakan asal jadi di bekas galian lubang usaha baru bata tersebut.

Beberapa bagian dinding pilar tembok depan kurang bahan semen, dan banyak marmer yang jatuh. Sedangkan Lantai keramik sudah mulai menyusut, Miring, dan bergelombang, seperti ruang pelayanan, ruang nifas. Sedangkan Sambungan pipa air dari Ujung mesin air didepan menuju belakang sudah rusak, patah. Begitu juga wastafel cuci tanggan sudah tidak berfungsi lagi.

Dari Awal Serah Terima Gedung, Jendela disemua bagian semua gedung tidak menggunakan pagar pelindung, tapi ini sudah ditanggani melalui Dana Desa Eyat Mayang Kecamatan Lembar, sebelum ditempatu Bidan Desa Eyat Mayang. Ibu Hamdiah Per Juli 2020 lalu.

Beberapa daun pintu dan jendela sudah rusak, sehingga tak bisa ditutup rapat. maupun dikunci, begitu juga atap sudah bocor, dan halaman Depan Jondrong miring kedepan gedung, bukan tertata kedepan jalan raya, sehingga saat hujan, Air Hujan tergenang di halaman gedung.

Meski demikian, Ibu Hamdiah selaku Bidan Desa Eyat Mayang dan juga putri asli setempat mengaku nyaman bertugas di tempat itu.

“Saya merasa nyaman bertugas walaupun kondisi bangunan seperti yang bapak lihat ini, tapi ini karena tugasku, mau tidak mau saya tempati untuk pelayanan sejak diangkat sebagai bidan desa tahun 2020 sampai sekarang” katanya.

Ia juga berkomentar tentang kondisi bangunan tersebut. “Soal kondisi bangunan, ya seperti yang bapak lihat sendiri. Beginilah kondisinya, dan sudah saya usulkan ke Kepala Desa, untuk dibantu kebutuhan disini, karena tahun 2020 silam, pernah dibantu, berupa Pagar Trali Jendela, Meubeler, Kanopi Parkiran, Sarpras Kesehatan, namun untuk yang retak, belum direspon” ujar Bu Bidan

Ibu Bidan Desa hanya pengguna gedung. Pembangunan gedung merupakan tanggungjawab Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, Berkoordinasi atau bisa juga berkolaborasi dengan Puskesmas dan Desa Setempat.

“Kami ini hanya pengguna dan menjalankan tugas pak, dan pernah tempati bersama keluarga selama dua tahun, namun kami kembali kerumah kami, karena kondisi gedung, cukup mengkhawatirkan, takut roboh gitu ketika gempa lagi,” katanya.

Dari Penulusuran Tim Warta, Gedung Poskesdes Eyat Mayang Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, sejarahnya dibangun pada Massa Kepala Desa H. Raba’i Helmi, dimana gedung ini, sebagai syarat pengganti dari gedung Poskesdes yang lama, dirobohkan Pemborong Pembangunan Puskesmas Saat itu, sebagai akses jalan keluar masuk Ke Puskesmas Eyat Mayang, Sehingga Pihak Desa, harus menyiapkan Lahan Tanah tempat baru Gedung Poskesdes, Pihak Desa Infonya menyiapkan seluas 3 Are (2 are dalam area Pagar Poskesdes dan sisanya sebagai akses jalan ke Dusun Hubbal Khair.

Proses Pembangunan Gedung Poskesdes ini, bersamaan dengan Pembangunan Gedung Puskesmas Eyat Mayang di Tanah Eks. Lapangan Olahraga Sepak Bola Desa Eyat Mayang.

Diharapkan dengan turunnya berita ini, moga ada kebijakan dan perhatian dari instansi setempat, supaya pelayanan menjadi nyaman dan petugas merasa aman menempati.

Rosidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *